Sabtu, 12 Desember 2009

Berita Suara Merdeka Jawa Tengah

Suara Merdeka. Semarang & Sekitarnya
20 Nopember 2009
SD Tambakaji 04 Terapkan ICT
SEMARANG- Tak bisa dielakkan, jika selama ini belajar di sekolah terkadang membuat siwa-siswi bosan. Apalagi jika guru masih mewajibkan murid untuk mencatat apa yang digoresnya di papan tulis. Hal itu sebenarnya tidak perlu terjadi, jika metode belajar-mengajarnya dikemas secara menarik. Misalnya, menggunakan teknologi komputer.

Atas pertimbangan itu, sejak beberapa tahun lalu, SD Tambakaji 04 memanfaatkan information and communication technology (ICT) dalam proses pembelajarannya. Kepala SD Tambakaji 04, Sumarto menyampaikan, proses pembelajaran di sekolah yang dipimpinnya telah menggunakan fasilitas layar liquid crystal display (LCD).

“Kami sudah beberapa tahun ini meninggalkan metode belajar menggunakan papan tulis, khususnya kelas 5 dan 6, yang diprogramkan untuk sukses dalam ujian nasional nanti,” ujarnya, kemarin.

Terbukti dengan model pembelajaran dengan metode ICT, siswa tertarik mengikuti setiap mata pelajaran. “Hampir semua siswa yang lebih tertarik mengikuti pelajaran dengan metode tersebut,’’ jelas Sumarto.

Untuk memberikan kenyamanan bagi siswa-siswinya, selain memiliki LCD di ruang kelas 5 dan 6, disetiap ruang kelasnya juga terdapat dua speaker aktif serta dispenser. ’’Anak-anak juga bisa mengakses internet langsung dari sini,’’ katanya.

Dia berharap, dengan adanya program unggulan ICT di sekolahnya, siswa-siswinya dapat belajar semaksimal mungkin dengan menggunakan teknologi terutama komputer. “Sehingga dapat mencetak generas-genarasi yang lebih berprestasi.” (K12-87)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar